News Update :
Home » » Jadi Kontroversi, Menkes Luruskan Komentar 'Bunuh Pelan-pelan'

Jadi Kontroversi, Menkes Luruskan Komentar 'Bunuh Pelan-pelan'

Sabtu, 16 November 2013 20.46

Jakarta, Sejumlah dokter baru-baru ini meributkan pernyataan Menteri Kesehatan yang akan 'bunuh pelan-pelan' bila para dokter mogok kerja. Komentar ini dianggap ancaman bagi perjuangan para dokter menentang kriminalisasi dokter kandungan di Manado.

"Itu sembarangan saja. Bohong bahwa pernyataan saya itu khusus untuk yang di Manado," tegas Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi usai menghadiri Pekan Kesehatan Nasional 2013 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (17/11/2013).

Menkes mengakui dirinya kerap melontarkan pernyataan 'bunuh pelan-pelan' tetapi selalu dalam nada bercanda dan sambil tertawa. Pernyataan itu pun bukan sekali dua kali saja, melainkan sudah sering ia sampaikan di banyak kesempatan, bahkan sejak lama sebelum menjabat sebagai menteri.

Salah satunya pada Jumat (15/11/2013) silam, dalam acara Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional di JI Expo Kemayoran. Seperti diberitakan detikHealth sebelumnya, Menkes mengatakan akan 'tembak pelan-pelan' jika masyarakat Indonesia masih berobat ke luar negeri.

Konteks candaan tersebut adalah karena pelayan kesehatan didalam negeri sebagian sudah sesuai dengan standard internasional. RS Cipto Mangunkusumo dan RS Sanglah Denpasar misalnya, sudah meraih sertifikat tingkat internasional.

Sementara itu, pernyataan 'bunuh pelan-pelan' yang dipermasalahkan para dokter di jejaring Twitter ditujukan pada dokter-dokter yang melakukan mogok kerja. Candaan tersebut disampaikan dalam acara Urun Rembuk Ikatan Dokter Indonesia pada bulan Agustus 2013.

Komentar ini menjadi kontroversi setelah dimunculkan kembali oleh seorang dokter di rubrik opini sebuah surat kabar, pada Jumat (15/11/2013). Di kalangan dokter, komentar ini lalu dikaitkan dengan perjuangan dokter-dokter menentang kriminalisasi dokter kandungan di Manado yang sedang hangat-hangatnya jadi pemberitaan. Pernyataan ini dianggap sebagai ancaman bagi perjuangan para dokter.

"Saya bunuh tikus saja tidak berani apalagi bunuh orang. Memangnya muka saya ini muka pembunuh? Apalagi bunuh pelan-pelan, saya tidak tahu caranya," ujar Menkes, juga dengan nada bercanda sambil
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Blog Sporty Portal 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.